Pages

Cara Merawat Kaktus dan Sukulen 0853 1420 3006

Cara Merawat Kaktus dan Sukulen 0853 1420 3006

Kami adalah Distributor Kaktus Hias Terbesar di Seluruh Indonesia,untuk Info 0853 1420 3006




            Tanaman kaktus adalah tanaman hias yang sangat menarik. Banyak penggemar tanaman hias beramai-ramai menanam tanaman ini di taman rumahnya. Namun sayangnya ada beberapa yang tidak sukses dalam merawat tanaman kaktus ini. Sebagian besar dikarenakan tanaman kaktus busuk,terserang hama, dan akhirnya mati. Namun bukan berarti merawat kaktus agar tumbuh dengan baik itu susah. Cara merawat kaktus sebenarnya gampang-gampang susah. Intinya adalah bagaimana mengerti dan memahami tanaman kaktus bisa tumbuh dengan baik di alam aslinya.

Berikut ini beberapa tips dalam merawat dan menanam kaktus agar tumbuh dengan baik dan tidak busuk : 

1. Jangan Berlebihan dalam Menyiram

Kesalahan yang sering dialami oleh penggemar tanaman kaktus adalah melakukan penyiraman yang berlebihan. Ini merupakan kesalahan yang cukup fatal. Karena pada dasarnya tanaman kaktus merupakan tumbuhan yang hidup di habitat panas dan kering. Karena hidup di daerah panas dan kering tanaman kaktus memiliki kemampuan menyimpan cadangan air yang banyak di daun atau batangnya yang menggembung. Pada saat kekurangan air tanaman kaktus memanfaatkan air dalam cadangan tersebut. Jika diberi terlalu banyak air, kaktus akan cepat membusuk dan mati. Inilah yang membuat tanaman kaktus membusuk jika terlalu banyak meyiram air.

2. Tempatkan Kaktus di Tempat yang Terkena Sinar Matahari 

Selain itu tanaman kaktus sangat menyukai sinar matahari seperti di habitat aslinya yaitu  gurun pasir yang panas dan memiliki sirkulasi udara baik. Kaktus tidak suka keadaan tempat yang terlalu lembap, karena daging kaktus itu tebal. Tapi tidak masalah jika kamu ingin menaruh tanaman kaktus di dalam ruangan, cukup membawanya keluar satu minggu sekali untuk dijemur sekaligus disiram di bawah sinar matahari. Setelah itu bisa dibawa ke dalam ruangan lagi. Kaktus sebenarnya sangat bagus bila ditaruh di dalam ruangan karena kaktus bisa berfungsi sebagai pembersih udara dari berbagai jenis polutan (filter udara), sehingga udara yang kamu hirup bisa lebih bersih dan segar.

3. Pemilihan Bibit Kaktus dan Penanaman 

Saat akan menanam kaktus, ada dua hal yang harus diperhatikan dengan baik yaitu dalam memilih bibit dan cara menanam. Bibit kaktus dapat ditanam dari biji atau dari anakan sendiri. Anda dapat menemukannya di toko tanaman hias. Sedangkan mengenai cara menanamnya, tanaman ini bisa ditanam ke dalam pot atau di tanah langsung.

4. Diangin-anginkan dan Penyemprotan 

Jika kita menaruhnya di dalam ruangan, dalam 3 hari sekali kaktus harus diangin-anginkan supaya tidak lembap dan tidak mati. Menyiram kaktus tidak sama dengan tanaman biasa yang lain. Menyiramnya hanya disemprot saja dengan menggunakan botol spray khusus supaya kaktusnya tidak terlalu lembab. Lakukan penyiramannya pada pagi atau sore hari.

5. Pemupukan Tanaman Kaktus 

Kaktus juga harus diberi pupuk agar tanamannya berkembang dengan baik seperti tanaman-tanaman yang lain. Namun, pupuknya tidak sama dengan tanaman biasa lainnya. Pupuk untuk kaktus harus menggunakan pupuk organik (pupuk NPK) yang diberikan ke media tanamnya.

6.Mengganti Media Tanam Kaktus 

Mengganti  media tanam pada tanaman kaktus perlu dilakukan apabila kaktus tidak menunjukkan pertumbuhannya sama sekali. Caranya adalah dengan membuang media tanam lalu gunting semua akar halus pada tanaman kaktus. Jika sudah, tanaman kaktus harus dikeringkan selama 1-2 minggu ditempat yang cukup mendapatkan sinar matahari.
Selanjutnya setelah tanaman kaktus dibersihkan, kaktus ditanam lagi menggunakan media tanam yang baru. Biarkan lagi selama 2-3 minggu tanpa perawatan atau tanpa disiram air. Setelah 2-3 minggu barulah disiram kembali. 
Jangan lupa membersihkan pot dari segala macam kotoran dengan teratur. Jika sudah dirawat dengan baik tanaman kaktus pasti bisa tumbuh cantik dan indah.

Semoga Infonya bermanfaat 
Kaktus Hias Indonesia Call di 0853 9986 5767

Artikel terkait :
kaktus hias, kaktus indah, kaktus jawa, kaskus jual beli online, kaktus kecil, kaktus kuning, kaktus kod, kaktus lucu, kaktus langka, kaktus lembang, kaktus lidah badak, kaktus pink, kaktus pakis giwang, kaktus rose, kaktus rhipsalis, kaktus sukulen, kaktus souvenir, kaktus salju, kaktus shop, kaktus tanaman hias, kaktus unik, kaktus udang, kaktus ungu, kaktus untuk souvenir, kaktus untuk souvenir pernikahan, kaktus untuk obat, kaktus videos, kaktus warna, kaktus wikipedia, kaktus warna warni, kaktus mini , kaktus berbunga , kaktus hias mini , kaktus hias murah , jenis kaktus hias , harga kaktus hias , harga kaktus hias mini , cara merawat kaktus hias , souvenir , souvenir sukulen , souvenir pernikahan , souvenir pernikahan murah , souvenir pernikahan unik , souvenir kantor unik 



Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment